Sabtu, 23 November 2013

tugas ICT lanjutan



Rencana pelaksanaan pembelajaran
(R P P)
Satuan Pendidikan              :  Sekolah Menengah Pertama
Mata pelajaran                   :  Ilmu Pengetahuan Alam                 
Kelas  /  Semester                :  VIII / 2
Alokasi Waktu                       :  6 jp

Standar kompotensi;
            2. Memahami system dalam kehidupan tumbuhan.
Kompemtensi Dasar;
            2.1. Mengindentifikasi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.
A. indikator;
1, kognitif,
a. produk:
·         Menjelaskan struktur daun pada tumbuhan.
·         Menjelaskan fungsi daun pada tumbuhan.
·         Menjelaskan struktur batang pada tumbuhan.
·         Menjelaskan fungsi batang pada tumbuhan.
·         Menjelaskan struktur akar pada tumbuhan.
·         Menjelaskan fungsi akar pada tumbuhan.
·         Menjelaskan struktur bungan pada tumbuhan
·         Menjelaskan fungsi bunga pada tumbuhan
·         Menjelaskan struktur biji pada tumbuhan.
·         Menjelaskan fungsi biji pada tumbuhan.


2. Kognitif , proses;
·         Melakukan percobaan tentang fungsi akar pada tumbuhan.
·         Mengkomunikasikan hasil pengamtan dan percobaan yang dilakukan.
·         Melakukan percobaan  tentenag fungsi batang pada tumbuhan.
·         Mengklasifikasikan hasil pengamatan  dan percobaan yang dilakukan.
·         Melakukan percobaan tentang fungsi daun pada tumbuhan.
·         Mengklasifikasikan hasi pengamatan dan percobaan yang dilakukan.
·         Melakukan percobaan struktur bunga pada tumbuhan
·         Menjelaskan fungsi bunga pada tumbuhan..
·         Menjelaskan struktur biji pada tumbuhan.
·         Menjelaskan fungsi biji pada tumbuhan.
3. Afektif;
a. karakter  : berfikir kreatif, kritis, dan logis, bekerja teliti, jujur, dan           berprilaku santun
b. keterampilan sosial; bekerja sama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar  yang baik dan mennanggapi pendapat orng lain.

B. Tujuan Pembelajaran.
1. Kongbitif;.
a. Produk:
·         Mengetahui fungsi akar pada tumbuhan.
·         Mengetahui struktur akar pada tumuhan.
·         Mengetahui fungsi batang pada tumbuhan.
·         Mengetahui struktur batang pada tumbuhan.
·         Mengetahui fungsi daun pada tumbuhan.
·         Menegtahui struktur daun pada tumbuhan.
b. proses:
Disediakan alat dan bahan, siswa mampu melakukan praktek untuk menegtahui fungsi akar, fungsi daun, fungsi akar pada tumbuhan.
2. Psikomotork:
Siswa secara bersama – sama melakukan praktek pembuktian fungsi akar, batang dan daun dengan hati-hati dan teliti.


3. Afektif:
·         Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berfikir kritis, dan logis, bekerja teliti , jujur dan berprilaku satun sesuai Lp-1 ; pemgamatan prilaku berkarakter.
·         Bekerja sama dalam melakukan praktek dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai LP ; keterampilan sosial.


C. Materi pembelajaran.

            A. Jaringan dan fungsi Penyusun Organ Tumbuhan
1.      Akar

Akar berfungsi sebagai alat untuk :
a.      Menyerap air dan garam-garam mineral (unsur hara) dari dalam tanah.
b.      Mengokokohkan tumbuhan padan tempat tumbuhnya.
c.       Sebagai penyimpan cadangan makanan.
d.      Bernapas (respirasi).
e.      Berkembang biak  (perbanyakan) secara vegetatif.




 Bagian-bagian akar (gambar 1) tumbuhan monokotil dan dikotil :
a.      Pangkal akar (collum), bagian akar yang berhubungan dengan dengan pangkal batang.
b.      Ujung akar (apex radicis), bagian akar yang muda terdiri atas jaringan-jaringan yang mengalami pertumbuhan.
c.       Batang akar (corpus radicis), bagian akar antara leher dan ujungnya.
d.      Cabang-cabang akar (radix lateralis), bagian akar yang tidak langsung bersambungan dengan pangakl batang, tetapi keluar dari akar pokok dan membuat percabangan lagi.
e.      Serabut akar (fibrilla radicalis), cabang akar yang halus berbentuk serabut.
f.        Bulu akar (pilus radicalis), yang berfungsi untuk mengisap air dan unsur hara dari dalam tanah.
g.      Tudung akar (calyptra), bagian akar yang paling ujung berguna sebagai pelindung agar akar tidak rusak sewaktu menembus tanah.
      Jaringan penyusun akar tumbuhan monokotil dan dikotil tersusun oleh :
a.      Epidermis, terdiri dari lapisan sel-sel yang berdinding tipis agar air mudah masuk ke akar. Epidermis yang menonjol akan membentuk bulu akar yang berfungsi menyerap air  dari dalam tanah.
b.      Korteks, terdiri dari sel-sel yang susunannya longgar agar memudahkan terjadinya pertukaran gas.
c.       Endodermis, sebagai jalan masuknya air yang telah diserap dari tanah ke bagian dalam akar.
d.      Stele (silinder pusat) terdiri dari pembuluh angkut yaitu xilem dan floem.

      





















                          endodermis                                        Epidermis
                                          korteks     stele
                                     
Gambar 1. Bagian-bagian akar

2. Batang
       Batang berfungsi sebagai alat untuk :
a.      Menyokong bagian-bagian tumbuhan yang ada di atas tanah
Penghantar daun untuk mendekati cahaya.
Penghubung akar dengan daun (alat pengangkutan).
b.      Tempat penyimpan cadangan makanan.
      Jaringan penyusun batang terdiri dari :

  1. Epidermis
  2. Korteks
  3. Stele, terdiri dari pembuluh angkut xilem dan floem yang letaknya teratur pada tumbuhan dikotil dan menyebar untuk monokotil. Pada tumbuhan dikotil terdapat kambium di antara xilem dan floem, sedangkan pada monokotil tidak ada kambium.







untitledGambar 2.  Struktur Batang
                                                                                                           

                                                      
3. Daun
                 

Daun berfungsi sebagai alat untuk
a.      Asimilasi atau proses pembentukan karbohidrat dari zat anorganik sederhana CO2 dan H2O oleh klorofil dengan bantuan cahaya matahari.
b.      Respirasi atau pernapasan, proses pemecahan hasil asimilasi dengan menggunakan oksigen sehingga dihasilkan energi.
c.       Trnspirasi (penguapan air), sehingga memungkinkan tumbuhan unsur hara lebih lancar.
d.      Pembiakan vegetatif.

Jaringan penyusun daun terdiri dari :
a.      Epidermis, pada bagian atasnya terdapat lapisan kutikula/lilin berfungsi untuk menghambat penguapan. Lapisan epidermis bawah terdapat stomata atau mulut daun untuk pertukaran udara.
b.      Jaringan palisade (tiang) banyak mengandung kloroplas.
c.       Jaringan bunga karang (spons), jaringan ini tersusun atas sel-sel yang longgar agar banyak mengandung udara.
d.      Berkas pembuluh angkut (xilem dan floe
     





Gambar 3 Struktur Daun

4. Bunga
Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan generatif, yaitu proses perkembangbiakan secara kawin melalui persarian atau pembuahan sehingga akan menghasilkan buah dengan biji, dan biji digunakan sebagai alat memperbanyak tumbuhan.
Bagian-bagian bunga adalah :
  1. Kaliks/sepal (kelopak bunga), biasanya berwarna hijau berfungsi sebagai pelindung bunga saat masih kuncup.
  2. Korola/petal (mahkota bunga) berfungsi sebagai pelindung benang sari dan putik.
  3. Alat kelamin, terdiri dari putik sebagai penghasil sel kelamin betina (ovary) dan benang sari (filamen) sebagai penghasil sel kelamin jantan.


Gambar 4. Struktur Bunga


5. Buah
Buah adalah bagian tumbuhan yang terbentuk bunga mengalami penyerbukan dan pembuahan. Setelah terjadi pembuahan bagian-bagian  bunga akan gugur dan selanjutnya terbentuk buah disebut buah sejati, tetapi ada juga tumbuhan yang bagian-bagian bunga yang tidak gugur, buah ini disebut buah semu. Contoh buah sejati adalah pada buah manggaa, cabe, tomat, dan lain-lain. Buah semu adalah pada buah nangka, apel, jambu mete, nanas, dan lain-lain.
Buah ini dapat berfungsi sebagai tempat cadangan makanan dan juga sebagi pelindung biji pada tumbuhan biji tertutup.
Bagian-bagian buah adalah :
  1. Pericarp, terdiri dari lapisan exocarp (terluar), mesocarp (tengah) dan endocarp (bagian dalam).
  2. Biji (sead)
Gambar 5. Struktur Buah

6. Biji
Biji adalah alat untuk berkembangbiak atau memperbanyak diri tumbuhan secara generatif, setelah mengalami pembuhan.
Agar kamu dapat lebih jelas memahami struktur organ tumbuhan marilah kita melakukan kegiatan-kegiatan berikut !
           
D. Model dan Metode Pembelajaran.
     Model pempebalajaran     ; Kooperatif tipe STAD
     Metode pembelajaran       ; Eksperimen, kerja kelompok, diskusi Tanya jawab.

E.Sumber belajar:
1.      Buku siswa “ memahami struktur tubuh tumbuhan”
2.      LDS – 01
3.      power poin
                                        
F. Alat dan bahan:
1. LCD
2. Leptop
3. gambar struktur akar, batang, akar, bunga dan biji
4. .batang muda bugenvil, batang pacar air, akar bayam,daun roesdiscalor, akar pacar air,
      Kembang sepatu

G. Kegiatan Belajar Mengajar
Pertemuan I
No
Aktifitas Pembelajaran

A . Pendahuluan

1.
Motivasi dan Apersepsi
·         mengkondiskan siswa untuk belajar.
·         Mengabsen siswa.
·         Di berikan LPS-01 siswa diminta untuk memprediksi  jawaban post tes guna mengukur kemampuan siswa, tentang struktur tubuh tumbuhan, atau siswa diminta menyampaikan pendapatnya tentang apa yang mereka ketahui tentang daya kapilaritas batang, struktur,batang(fase 1)


2.
Memberikan motivasi dengan mengajukan pertanyaaan apakah kalian sering melihat perbedaan mahkota bunga  kembang sepatu dan bunga mawar?


3.

Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran; kongnitif (produk, dan proses); psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan prilaku berkarakter)



B. Kegiatan Inti(70 menit)
1.
Siswa dibimbing  untuk dapat mendeskripsikan materi tentang daya kapilaritas batang,  daya iasap daun dan daya tekan akar  berdasarkan buku siswa (Bs-1) yang disiapkan (fase 2).


2.
Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok  yang heterogen dan dibimbing oleh guru untuk melakukan pengamatan gambar berdasarkan kegiatan yang terdapat pada (LDS-01) (fase3).

3.
Sebelum melakukan pengamatan diharapkan siswa dapat memahami petunjuk yang ada di (LDS-01).


4.
Guru memfasilitasi dan membimbing setiap kelompok untuk melakukan kegiatan sesuai dengan LDS  sambil membimbing guru melakukan penilaian kinerja mengggunakan LP-2A dan LP -2B (fase 4).


5.
Guru memfasilitasi setiap kelompok siswa untuk bekerja sama dalam megamati kegiatan yang berlangsung


6.
Guru memberikan arahan agar siswa santun setiap anggota kelompok melakukan pengamatan dengan teliti


7.
Guru member tugas agar setiap kelompok bekerja sama (sesuai tugas dan tanggung jawab anggotanya)

8.
Dengan pengamatan guru, siswa secara kelimpok bekerjasama menggambarkan hasil yang mereka dapat selama pengamatan. Hasil pengamatan dan digambarkan  tempat yang sudah disediakan pada (LDS-01) tersebut.


9.
Dengan pemantauan guru,siswa dan kelompoknya berdiskusi untuk menuliskan hasil pengamatan mereka


10.
Guru memberi arahan agar siswa secara kelompok berfikir secara kreatif , kritis dan logis untuk menjelaskan gambar-gambar jenis adaptasi yang mereka amati

11.
Guru memoderatoridiskusi kelas,ada kelompok menyampaikan pendapat, sementara kelompok lain menanggapi pendapat dan menjadi pendengar yang baik untuk memperoleh kesimpulan.

12.
Guru memberi arahan agar siswa dalam kelompok  materi tentang “sruktur dan fungsi tubuh tumbuhan” melalui ICT (internet).

13.
Guru membantu siswa dalam melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pengamatan serta memastikan seluruh kelompok telah mengalami jawaban yang benar dan meluruskan konsep yang salah


C. Penutup
1.
Guru membimbing siswa untuk memyimpulkan hasil pengamatan tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur batang dan materi tentang struktur tumbuhan secara ringkas.
2.
Siswa di beri LP – 01 untuk mengukur penguasaan konsep mereka tentang struktur dan fungsi tubuh tumbuhan (fase 5)

3.
Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya atau mempunyai usulan agar pembelajaran berikutnya lebih baik
4.
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai tinggi (fase – 6)


         Pertemuan II (2 x 40)
           
no
Aktifitas Pembelajaran



1.






2.

A.      Pendahuluan (5 menit)

Motivasi dan Apersepsi

1.      Mengkondisikan siswa untuk belajar
2.      Mengabsen siswa
3.      Diberikan LPS – 02 siswa diminta memprediksi jawabannya, guna mengukur kemampuan siswa struktur bunga dan biji (fasee-1)

Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran, kognitif  (produk, proses, psikomotorik, dan afektif (keterampilan sosial dan prilaku berkarakter)



B.      Kegiatan Inti

1.


2.


3.





5.


6



7


8


9


10.


11




12


13

Siswa dibimbingan untuk mempelajari materi tentang struktur bunga dan biji berdasarkan buku siswa (BS -01) yang disiapkan (fase 2)

Siswa dibagi menjadi berbagai kelompok yang heterogen dan melakukan kegiatan  yang ada pada (lkss – 01) yaitu melakukan percobaan tentang bagian-bagian bunga dan struktur biji(fase -3)

Sebelum melakukan kegiatan yang ada pada (LKS-01) setiap kelompok diminta memahmi prosedur yang ada di lks tersebut jika ada yang kurang jelas ditanyakan kepada guru.

Guru membimbing siswa melakukan kegiatan yang terdapat di LKS sambil membimbing siswa, guru melakukan penilaian konerja menggunakan LD-2A dan LP 2B (fase -4).
                     
Guru Memfasilitasikan setiap kelompok siswa untuk bekerja sama dalam melakukan percobaan yang terdapat pada LKS.

Guru memberikan arahan agar secara sabntun stiap anggota kelompok melakukan percobaan dengan teliti dan hati-hati serta lakukan prosedur sesuai dengan apa yang diharapkan pada LKS.

Guru member tugas agar setiap kelompok bekerja sama (sesuai tugas dan tanggung jawab anggotanya) dalam melakukan kegiatan pada LKS.

Dengan pematauan guru siswa dalam kelompoknya berdiskusi dalam melakukan percobaan berdasarkan LKS.

Guru member arahan agar siswa secara kelompok berfikir secara kreatif, kritis dan logis dalam melakukan percobaan berdasarkan LKS.

SEtelah selesai melakukan percobaan setiap kelompok diminta untuk membuat laporan hasildiskusi, percobaan dan penyajikan hasil kerja mereka di depan kelas.

Guru menjadi moderator diskusi kelas, ada kelompok menyampaikan pendapat , sementara kelompok lain mennggapi pendapat dan menjadi pendengaran yang baik untuk memperoleh kesimpulan.


Guru memberi arahan agar siswa dalam kelompok mengakses materi tentang cara-cara reproduksi berbagai organisme melalui ICT (internet).


C.      Penutup

1.

2.


3.


4

Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi.

Siswa di beri LP-01 untuk mengukur penguasaan konsep mereka tentang struktur bunga dan biji (fase -5)

Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya atau menyampaikan usulan agar pembelajaran berikutnya lebih baik.

Guru memberikan pengharagaan kepada siswa yang memdapat nilai tinggi (fase-6)
           
H. Penilaian
Teknik: Penilaian Produk ( LP-01)
            Penilaian Kinerja (LP-02A dan LP-02B)
            Penilaian Afektif(LP-03)
Pustaka.
Depdiknas.2003. Pedomam khusus Pengembangan silabus dan penilaian. Jakarta : dipdiknas
Purwitasari  T ., Hardionsi. S.,dkk .2008. ILmu Pengetahuan Alam, SMP. VII: Acarya Media Utama.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar